Jumat, 22 Januari 2016

Cara Membuat Box Speaker Sound System Lapangan



.

Cara Membuat Box Speaker Sound System Lapangan (Kotak Speaker) - Rubrik ini berguna bagi anda yang ingin bereksperimen dalam merakit sound system khususnya kotak speaker. Membuat sendiri sound system rakitan yang nantinya untuk dipakai dalam kondisi di lapangan memang memiliki kebanggaan tersendiri apalagi bersuara bagus. Sound system rakitan adalah semua perangkat sound system yang dirakit oleh tangan sendiri (atau bantuan sahabat anda). Tentu dalam merakit perangkat ini kita harus memiliki keahlian khusus di bidang elektronika. Seluruh perangkat sound system rakitan ini mungkin anda buat sendiri yang dimulai dari;

  • Mixer Audio Rakitan Sederhana
  • Power Amplifier Rakitan
  • Crossover Rakitan, dan
  • Speaker (ini yang menjadi pembahasan kita tentang membuat Box Speaker)

Cara Membuat Box Speaker untuk Sound System Lapangan Rakitan

Pada penggunaannya nanti sound system rakitan ini bisa dipakai untuk sound system lapangan namun dalam area yang tak terlalu luas, kondisinya tergantung dari beberapa aspek diantaranya kekuatan atau daya Loudspeaker serta daya Power Amplifier yang kita miliki. Kebetulan saya juga pernah membuat sendiri Power Amplifier dan Box speaker untuk keperluan sound system lapangan rakitan (buatan tangan sendiri) dan kami sudah gunakan pada area yang cukup luas dan terdengar cukup memadai.

Sekilas tentang Cara Merakit Power Amplifier, Mixer Rakitan, dan Kotak Speaker

Berbicara mengenai sound system rakitan khususnya untuk peralatan Power Amplifier dan Mixer Audio atau juga Crossover terdiri dari 2 versi Perakitan Modul Blok, yaitu;

1. Blok Modul dengan PCB jadi (pasaran)
Pada blok modul (KIT modul) ini kita tinggal memilih 'PCB modul jadi' yang didalamnya sudah terdapat komponen yang siap pakai dan kita instalasi pada casing Power Amplifier yang juga tersedia di pasaran dengan berbagai model dan ukuran. Pada proses ini kita hanya mengebor untuk menempatkan PCB kit Modul dengan spincer, menyusun kabel-kabel, dan memasang Trafo Power Suplai.

2. Blok Modul dengan PCB buatan sendiri
Dalam proses perakitan blok modul ini anda harus membuat jalur layout PCB dan kemudian menyusun komponen peralatan elektronik untuk power Amplifier ini dengan menggunakan solder sambil membaca diagram skema. Rumit dan butuh pengetahuan khusus. Saya pernah melakukan ini dalam membuat dan merancang sendiri Power Amplifier dengan menggunakan PCB berlubang dari skema amplifier yang saya pelajari dari majalah untuk keperluan praktikum pelajaran Eektronika di SMP. Ternyata berhasil. Waktu itu kami menggunakan kotak (casing) untuk Amplifier ini dengan papan triplek. Tombol-tombolnya lengkap yang terdiri dari Volume, Bass, Treble, dan Balance. Saat itu belum ada jual blok modul siap pakai. Untuk pengaturan Volume, Bass dan seterusnya kita harus merakit preamp yang berfungsi untuk Tone Control dan Level Control.

Mungkin anak-anak STM diajarkan tentang materi ini, dan saya berpendapat bahwa metode ini harus diterapkan dalam pembelajaran praktikum sekolah.

1. Membuat Kotak (Box) Speaker - Sound System Rakitan

Membuat sendiri kotak Speaker [Sound system rakitan] - Dahulu orang menyebut box speaker dengan kata salon speaker. Berikut ini anda dapat melihat apa saja yang diperlukan dalam membuta kotak speker ini. Anda bisa membuat beragam bentuk dan ukuran dengan memakai papan hardboard atau triplek berukuran 8 mm. Pegerjaan pembuatan kotak speaker ini bisa menyuruh tukang kayu untuk memotong atau menggergaji papannya, anda hanya memberitahukan ukuran yang sudah anda set sebelumnya. Persiapkan dahulu bahan-bahan yang kita butuhkan untuk keperluan ini diantaranya;
  • Papan Triplek ukuran ketebalan 6mm atau 8mm
  • Lem kayu (warna putih) dan lem perekat karpet (maaf, saya tak sebutkan merknya)
  • Skrup berujung lancip, bisa juga menggunakan Paku
  • Karpet untuk pembungkus
  • Plastik untuk siku kotak SP (Speaker) 16 buah
  • Corong angin 2 buah
  • Gagang (Handler) Samping Plastik 4 buah
  • Panel Connector untuk kabel speaker
Lihat gambar

Speaker Box Sound System

Berikut langkah-langkah dalam membuat kotak speaker sendiri.

Langkah awal sebelum membuat kotak Speaker anda, maka tetapkan dahulu ukuran kotak yang Anda kehendaki dengan cara melihat berapa inci ukuran driver speaker 'terbesar' yang akan anda buat misalnya 12 inch, 15 inch atau 18 inch. Dalam pengukuran ukuran terbesar speaker harus ada spasi antara lubang penempatan driver speaker dengan sisi kiri dan kanan kotak speaker, paling tidak sekitar 2 cm kiri dan 2 cm kanan.
  • Pastikan ukuran kotak speaker yang Anda kehendaki dari driver Speaker terbesar. Kepiawaian anda dalam membagi potongan papan sangat dibutuhkan untuk mengirit biaya.
  • Kotak Speaker terbuat dari papan partikel berserat dengan kepadatan sedang. Bagi ukuran papan menjadi 4 x 2 untuk sisi kiri, kanan, depan, dan belakang (untuk Stereo) dan papan ukuran 2 x 2 untuk alas bawah dan atas (untuk stereo).
  • Buat lubang untuk lingkaran driver speaker terbesar dengan cara mengukur diameter tepian body driver speaker (penggantung speker). Tepatkan pada posisi tengah papan bagian depan. Gunakan pensil sebagai garis bantu pemotongan. Untuk garis bantu, anda dapat menemukan ukurannya dengan bantuan kawat tipis lumayan keras yang anda ambil ukurannya pada tepian body speaker. Setelah dilubangi, coba cocokkan lubang pada papan dengan memasukkan tepian body speaker, bila kurang pas coba dikerat.
  • Lubangi juga papan untuk menempatkan panel Connector, Handler samping kiri kanan dan lubang angin
  • Bila sudah dilubangi semua papan untuk penggantung/ penempel Speaker ini, kemudian merekatkan semua papan menjadi sebuah kotak dan memakunya. Sebelum memaku ada baiknya gunakan lem kayu pada tiap sisi yang akan direkatkan agar terhidar dari getaran nada rendah saat speaker telah berbunyi nanti.
  • Sesi pengarpetan.
    Setelah semua kotak selesai, anda ukur sisi-sisi kotak SP ini untuk membagi ukuran karpet dan rekatkan dengan lem.
  • Bila sudah selesai, tempatkan Speaker Driver, Tweeter (Horn Hriver), dan Panel Connector pada kotak speaker rakitan anda, gunakan sekrup.
  • Hubungkan kabel dari Speaker dan Horn driver ke panel connector
  • Speaker system anda telah selesai dan siap digunakan.
Untuk mendistribusikan jalur masukan antara Speaker Driver dan Horn Driver, maka di dalam kotak speaker bisa kita pasang Crossover Pasif untuk membagi nada rendah dan nada tinggi. Input crossover hubungkan ke panel Connector, dan jalur LF ke Speaker driver, dan jalur HF ke Tweeter (Horn) anda.

2. Membeli Kotak (BOX) Speaker Papan Kosong Siap Pakai

Merakit speaker system dengan Kotak Speaker jadi (siap pakai). Bila anda tak mau repot untuk membuat kotak speaker, kini di pasaran telah banyak yang menyediakan kotak speaker siap pakai. Kita hanya memilih Speaker yang menurut anda memiliki kualitas yang bagus.

Gambar
Membeli Kotak Speaker Papan Kosong Siap Pakai
Ada beberapa merk terkenal yang bisa anda gunakan, misalnya : Audax, JBL, Pioneer, ACR, Fabolous, dan masih banyak yang lain.

Gambar
Kotak Woofer Speaker Papan Kosong

3. Membeli Kotak Speaker Plastik Kosong Siap Pakai

Merakit speaker system dengan kotak Speaker Plastic Fiber buatan China siap pakai. Bila suka, anda dapat juga membeli kotak speaker plastik yang sudah banyak beredar di pasaran.

Gambar
Membeli Kotak Speaker Plastik Kosong Siap Pakai -China

Penutup
Demikian yang dapat saya sampaikan dan semoga artikel ini yang berjudul cara membuat Speaker Box Sound System (kotak Speaker) bermanfaat untuk anda.
Anda perlu juga untuk mengetahui tentang cara setting audio system
Saya juga membahas speaker aktif rakitan, coba simak di tautan ini

Baca juga artikel menarik lainnya tentang :
Semoga Berkenan, dan Terimakasih...


.

Share this

Artikel Terkait