Jumat, 19 Agustus 2016

Urutan Pemasangan Aksesoris Peralatan Sound System Lapangan



.

Urutan Pemasangan Aksesoris Sound System Lapangan yang benar - Sebelum kita membahas tentang urutan atau tahap cara instalasi sound system khususnya pada area lapangan, ada baiknya kita mengetahui mana peralatan utama audio system dan mana yang menjadi alat pendukung atau peralatan aksesoris. Urutan atau tahap dalam cara memasang system penyuaraan untuk lapangan ini beserta aksesorisnya akan kita bahas di bawah ini.

1. Peralatan Utama Sound System untuk Outdoor

Peralatan utama yang vital dari sebuah sound system terdiri dari;
  • komponen High End berupa penguatan suara, proses kerja dari Amplifier dan Loudspeaker
  • komponen pencampur suara atau mixing, dalam hal ini Mixer
  • komponen sumber input suara, misal microphone dan alat lainnya
Berdasarkan kriteria di atas tentang komponen utama sound system ini dapat kita uraikan menjadi
  • Speaker system
  • Amplifier atau Power Ampli
  • Mixer Audio, dan
  • Microphone
Dengan keberadaan komponen di atas maka anda sudah dapat tampil dalam menangani acara yang menggunakan perangkat sound anda.

2. Aksesoris Audio System Lapangan Pendukung

Peralatan aksesoris pendukung ini cukup berguna di dalam perangkat audio system yang dalam kerjanya dapat dipecah berdasarkan fungsi dari perangkat yang digunakan;
  • Harmonisasi suara atau keindahan suara; misalkan pada Equalizer, Sound FX
  • Pendistribusian jalur suara ke speaker; fungsi Crossover dan audio distribusi lainnya
  • Pengamanan Loudspeaker; fungsi Limiter
  • Aksesoris dalam area panggung; misal tiang mic, monitor, dan lainnya.
Coba buka halaman yang berhubungan dengan aksesoris sound system.

Urutan Cara Setting (Pemasangan) Aksesoris Sound System Area Lapangan yang Benar

Setelah anda memahami apa yang menjadi peralatan utama sound di atas dan kemudian anda ingin menambah eksternal akessoris lainnya, tentu anda akan berhadapan bagaimana urutan dan cara setting yang harus dikoneksikan dalam instalasi perangkat demi perangkat di sound system yang anda miliki itu saat anda berada di area yang cukup luas.

Urutan pemasangan aksesoris sound system yang benar dan setup masing-masing tombol dan Connector

Peralatan utama di atas bisa anda modifikasi dengan penambahan peralatan pendukung lainnya namun anda harus faham apa nama barang tersebut dan juga fungsinya untuk apa. Kita harus paham seluk-beluk pengkoneksiannya. Misalkan anda telah memiliki beberapa perangkat tambahan lain dalam hal ini mungkin berupa EQ, Compressor Limiter, Crossover Aktif, Sound FX Reverv, Expander Bass Processor, Audio Distributor, dan lainnya.

Untuk lebih mendalam dalam memahamai cara setting sound system, ada baiknya anda membuka Menu Bar diatas yang berisi tentang cara setting alat sound.

Gambar
Cara Setting System Lapangan

Kesimpulan
Masih banyak yang perlu dipelajari tantang urutan instalasi peralatan sound system ini. Ini hanya salah satu contoh yang dapat kita lakukan. Ada baiknya anda terus mengikuti perkembangan lanjutan pada Menu Materi Sound System pada artikel di situs ini (ARTIKEL). Saya selalu berada pada halaman ini karena saya berprofesi juga sebagai sound-man dan itu adalah hobi saya. Mudah-mudahan artikel ini tentang urutan pemasangan aksesoris peralatan sound system outdoor/ lapangan dapat menambah wawasan kita tentang pensetingan sound.

BACA JUGA ARTIKEL TENTANG
Terimakasih telah membaca halaman situs sound system khusus lapangan ini, sampai jumpa pada pertemuan mendatang..


.

Share this

Artikel Terkait