Pengenalan Teknik Dasar Setting Sound System

Selamat datang di situs Teknik Dasar Setting Sound Systems

Teknik-Dasar-Setting-Sound-System

Isi Halaman
Dalam situs ini banyak sekali cabang menu dari peralatan sound system, seperti Microphone, Mixer sound system, Amplifier, Speaker, Equalizer, Sound FX, Crossover, Kabel Audio, Compressor Limitter, Connector dan lainnya, semua tinggal anda sorot pada bidang MENU taskbar yang ada di atas.
Halaman atau postingan pertama situs ini berisi tentang pengenalan sound system yang merupakan dasar pengenalan secara fisik peralatan ini.
Untuk lebih mengetahuinya coba anda buka halaman demi halaman.

Pengenalan Dasar Sound System Secara Global

Halaman ini banyak menyajikan beragam pembelajaran dari dasar sound system dan juga teknik cara seting peralatan sound system, baik komponen sound system sederhana yang ada di dalam rumah kita dan juga sound system profesional yang kita jumpai dalam konser musik yang hanya bisa dioperasikan oleh orang yang memiliki skill di bidang teknik sound system.
Sound system memiliki deskripsi yang sangat luas baik ditinjau dari hardware dan juga segi teknis. Seluk beluk penggunaannya pun beragam seperti yang kita ketahui bahwa perangkat ini banyak terlihat dan terlibat di dalam kehidupan kita sekarang ini. Terlibat, mungkin anda juga membutuhkan fasilitas yang ada hubungannya dengan sound system baik sekarang ini dan juga esok.

Bidang-Bidang Teknis Penggunaan Sound System - Materi Sound System

Bidang-bidang teknis dalam penggunaan sound system yang sering kita jumpai saat ini tergantung pada fungsi peralatan dan tempat dimana kita akan memposisikannya. Misalkan sound system mobil, ini berarti bahwa penempatannya berada di dalam mobil dengan memiliki karakter dan teknis tersendiri.
Banyak artikel di sini yang mengupas tentang beragam penggunaaan sound system, coba lihat pada taskbar menu di atas atau sisi kanan.
Ide Tulisan Pribadi dan Kekayaan Intelektual

Pengembangan FOH tanpa SNAKE Cable dalam Sound System Lapangan

Pada salah satu postingan pada halaman ini ada sebuah ide dari saya untuk dikembangkan oleh produsen Mixer audio tentang Remote Link Mixer Audio tanpa Snake Cable untuk sound lapangan panggung yang mengupas tentang merancang mixer audio hanya menggunakan sistim pengkabelan DATA Digital jarak jauh tanpa harus menggunakan kabel audio yang panjang dalam hal ini berarti tanpa menggunakan Snake kabel.
pengenalan-teknik-sound-system
My Office's Sound System
Konfigurasinya adalah pada bagian FOH hanya berisi pengolahan CPU (Central Processing Unit) dan bagian Audio-nya yaitu MAIN MIX dan Perchannelan diletakkan di atas panggung. Teorinya menerapkan Analog ke Digital Converting untuk ke FOH dan Digital ke Analog dari FOH ke Panggung via kabel data. Jadi Mixer ini terdiri dari dua Kabinet yaitu Processor dan Main Mixing. Sangat beda dengan pemakaian Mixer Digital yang telah diproduksi sekarang ini yang masih menerapkan sumber input Monaural Channel dan Line In Stereo masih diletakkan pada FOH.

Ide saya ini hanya menuangkan tentang bagaimana memproses bagian controling (CPU) saja yang ada di FOH sedangkan semua bagian penchanelan Audio berada di panggung. Saya berharap dapat dikembangkan oleh produsen Digital Mixer Sound System (paragraf ini sebelumnya berada di halaman tentang situs, dan saya alihkan di sini)

Pembelajaran di Sekolah
Halaman ini juga dapat dipergunakan untuk siswa (khususnya STM) untuk menjadi bahan pembelajaran di Sekolah yang dilengkapi dengan berbagai teori yang sudah saya praktekkan dalam keseharian saya. Tulisan ini saya tulis dari pengalaman pribadi dalam bidang sound system dan beberapa halaman saya baca dan tulis ulang dari Wiki sebagai referensi saya. Jadi disamping menulis juga membaca dari teori yang belum saya pahami.(paragraf ini sebelumnya berada di halaman tentang situs, dan saya alihkan di sini)

Hampir seluruh artikel ini adalah hasil dari pemikiran saya sendiri dan membacanya dari beberapa brosur dan majalah. Penulis adalah seorang Teknisi Audio dan cukup paham dalam elektronik audio yang juga sambil belajar lebih mendalam tentang hal-hal yang berhubungan dengan sound system. Pergunakan umur untuk menambah ilmu.

Sound System (Sistim Tata Suara) - Belajar Sound System

Sound system merupakan obyek kata benda, yang dalam bahasa Indonesia berarti sistim tata suara. Kadang kita menyebut dan menulis kata ini dengan nama SOUND SISTEM, atau SOUND SISTIM atau dengan kata SOUND saja namun maknanya tetap tetap tertuju pada peralatan ini.
Makna Sound System secara umum yang dapat kita ketahui memiliki arti yang luas, namun secara garis besar dapat saya simpulkan adalah gabungan komponen-komponen dalam peralatan elektronik yang bekerja untuk memproses suatu pola bunyi atau sinyal audio, baik yang berfungsi sebagai penjumlah atau pencampur sinyal (mixing), penyaringan sinyal audio (filtering), penguatan (amplifying atau sound reinforcement), pendistribusian sinyal audio, proses efek-efek suara digital, dan masih banyak makna lain yang rumit untuk saya nalarkan dalam bentuk tulisan ini. Banyak orang memaknai kata sound system ini sebagai perangkat pengeras suara saja, dan memang demikianlah salah satu makna yang terdapat dalam fungsi-fungsi peralatan sound system.

Saya menyarankan anda tetap mengikuti perkembangan situs ini yang akan memberikan informasi pembelajaran tentang pengenalan peralatan dan setting audio system dari tingkat pra dasar hingga bisa menuju tingkat mahir sehingga anda memiliki teori-teori penting dalam mengoperasikan peralatan audio ini.

Cara Setting Susunan Alur Kerja Peralatan Sound System

Bila kita memiliki perangkat sound system yang cukup lengkap maka kita akan dihadapi dengan persoalan cara pensetingan dan bagaimana susunan jalur pengkabelan dari suatu alur sumber suara menuju ke target suara berikutnya. Anda dapat melihat susunan cara pensetingan sound sistem ini dengan melihat menu yang disajikan disni. Anda dapat melihanya di menu atas taksbar. Ada banyak artikel yang terkumpul di sana dan anda tinggal memilih salah satu yang menjadi fokus anda.

Pengenalan dasar sound system ini juga bisa anda lihat di halaman Tentang Situs ini yang berisi tentang penulis yang juga berprofesi sebagai operator sound system.
Terimakasih atas kunjungan anda yang telah membaca artikel di halaman ini. Mohon tidak mempublikasi ulang semua artikel ini (kekayaan intelektual) kecuali mencantumkan sumber dari link ini.
Saya menulisnya dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baku agar materi sound system ini dapat dibaca juga oleh semua orang di seluruh negara.