Senin, 08 Juni 2015

Cara Setting Output Monitor TV ke Sound System



.

Dulu saya adalah seorang montir TV. Ada beberapa teman atau pelanggan ingin menghubungkan suara dari televisi ke sound system yang mereka miliki. Mereka suka kalau film action yang mereka tonton terdengar menggelegar di Speaker yang diiringi dengan dentuman bass saat melihat adegan film tersebut. Bukan sekedar itu saja, bila mereka melihat pertunjukan musik di televisi maka akan terdengar lebih meriah. Lalu yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimanakah mengkoneksikan suara yang ada di TV ke system speaker yang ada di rumah anda?

Trik Mensetting Audio pada Televisi ke External Sound System

Caranya cukup mudah namun perlu anda ketahui bahwa televisi yang anda miliki harus mempunyai fasilitas OUT Monitor. Artinya di panel bagian belakang televisi anda dilengkapi dengan konektor Video, Audio L dan R. Konektornya berbentuk jack RCA. Warna kuning digunakan untuk mengeluarkan sinyal Video, warna merah dan putih digunakan untuk audio. Output monitor ini juga berguna untuk memperalelkan sebuah sinyal Audio Video ke beberapa televisi lain dalam sebuah sumber sinyal audio video yang sama. Misalkan anda akan mengkoneksikan sinyal dari kamera anda ke beberapa televisi. Coba anda lihat bagaimana operator video syuting mempraktekkan serta memanfaatkan sistim ini dalam acara resepsi pernikahan. Kadang mereka harus bekerjasama dengan operator sound system agar suara dari rekaman video pengantin bisa didengar oleh tamu undangan pada speaker.

Bila anda ingin mencoba sendiri untuk menyambungkan kabel ini ke Amplifier atau Mixer anda, maka perlu melihat keterangan atau langkah-langkah kerja sebagai berikut.

1. Monitor OUT pada TV

Anda perlu melihat terlebih dahulu pada bagian belakang TV anda. Periksa apakah terdapat jalur yang bertuliskan "Monitor". Bila ada berarti anda tinggal melihat posisi  warna Jack RCA yaitu kuning, putih dan merah. Kini yang anda butuhkan adalah sebuah kabel konektor untuk menghubung out pada TV ke input Amplifier anda. Di pasaran tersedia 'kabel jack RCA' dengan ukuran yang cukup panjang, ada juga yang panjangnya 10 meter. Namun anda tak perlu membeli dengan ukuran yang terlalu panjang, sesuaikan jarak antara TV dan sound system anda. Usahan tidak melebihi 5 meter karena semakin panjang maka akan menimbulkan noise semakin besar apalagi dengan mutu kabel yang kurang bagus.

2. Koneksi Input ke Amplifier atau Mixer

Ada beberapa cara untuk menyambungkan target sinyal dari monitor TV anda ke sistem penyuaraan yang anda miliki. Bila anda tak memilki mixer maka prosesnya tidak terlalu rumit. Anda tinggal menghubungkan kabel RCA ini ke Amplifier anda.
  • Pada Amplifier biasanya terdapat tombol Selector yang berguna untuk memposisikan saluran input yang akan anda putar(hubungkan). Pada beberapa Amplifier terdapat beberapa saluran input, misalnya TAPE in, AUX in, DVD in, dan lainnya. Misalkan anda menancapkan jack RCA ini ke AUX maka anda harus menyesuaikan knob selector ini ke posisi AUX juga pada panel depan Amplifier anda. Pada Amplifier dengan menu digital anda pilih 'input source' sebagai Aux.
  • Bila anda memiliki mixer audio, posisi konektor RCA ini bisa anda hubungkan pada stereo channel pada mixer, namun bila tidak ada saluran input yang menggunakan jack RCA  maka anda harus merubah atau mengkombinasikan jack RCA ini menjadi Jack Phono. Banyak dijual di toko elektronik. Oh ya, sebelum anda memasang jack RCA ini maka perangkat anda harus dalam keadaan power off.

3. Memainkan suara TV pada Sound System anda

Setelah semua kabel terpasang sesuai petunjuk di atas maka hidupkan semua perangkat anda. Kecilkan dahulu  tombol Volume pada Amplifier anda agar suara tidak langsung terdengar keras saat anda menghidupkan perangkat anda. Atur volume suara yang anda kehendaki. Bila anda suka nada bass maka anda tinggal memutar tombol bass.

Tips dan Catatan

Perlu anda ketahui bahwa saat anda memainkan DVD Player untuk berkaraoke, maka display gambar dan suara yang ada pada TV terfokus pada monitor out. Jadi, apa pun display yang tampil pada TV anda baik itu lewat input Audio Video ataupun channel siaran TV terkoneksi ke monitor, dan alhasil suara yang ada pada TV ikut terdengar di box speaker anda. Maka saran saya  adalah tidak usah menyambungkan out DVD Player anda ke Amplifier karena saluran penghubung sudah digantikan oleh posisi monitor out di TV. Selector pada Amplifier tetap terfokus ke saluran TV (dalam hal ini AUX in yang anda tancapkan tadi).

Semoga bermanfaat


.

Share this

Artikel Terkait