Sound System Panggung

Sound System untuk Panggung

Istilah panggung (dalam sound system) adalah arena atau tempat pentas musik atau pidato akbar yang berada mungkin lebih tinggi dari penonton bisa dalam lingkup area terbuka (outdoor) atau berada di dalam ruangan yang besar (indoor).
Sound system panggung adalah peralatan-peralatan audio yang ada atau dibutuhkan di dalam area panggung untuk keperluan personil yang terlibat di sekitar panggung dalam suatu acara, misalkan semua musisi, penyanyi, dan peralatan alat musik lainnya yang ada di situ. Jika saya perhatikan (segi ruang tempat panggung), peralatan dan personil yang tidak terlalu banyak untuk area panggung adalah dalam penggunaan sound system orgen tunggal, yang paling tidak terdiri dari satu orang player, 2 orang penyanyi, dan crew operator. Pada alat band tentu memiliki banyak sekai peralatan dan personil yang mana harus tersedia juga banyak control speaker monitor dan alat musik. Lingkup sound system panggung ini bisa berada di lapangan yang luas dan juga berada di dalam aula yang besar. Sound system panggung ini pasti berhubungan dengan Monitor speaker dan FOH system.

Lingkup Sound System Panggung dan Penggunaan

Lingkup Sound Panggung bisa berada area indoor maupun indoor, yaitu;
Kedua hal ini memiliki perangkat yang sama hanya beda dalam pemposisian dan pensetingan suaranya.

Penggunaannya bisa deterapkan menjadi beberapa hal, yaitu;
  • Sound system panggung untuk orgen tunggal
  • Sound system panggung untuk Karaoke
  • Sound System Panggung Band konser besar
  • Sound System Panggung untuk akustik (misalnya akunstik cajon)
  • dll

Perlengkaan Alat Musik Sound System Panggung

Dahulu penulis memiliki grup band musik di era 90an dan pernah tampil menjadi band pembuka konser musik Dewa19, Nugie, dan lainnya di kota Bandung. Saat itu saya sebagai Player Keyboard, dan juga sedang belajar memahami tentang sound system. Pada waktu kami tampil sebagai band pembuka konser Dewa 19 di sebuah gedung terkenal disana bersama grup musik lainnya seperti saat itu adalah Five Minute. Saya melihat suasana panggung yang sangat megah. Peralatan-peralatan Sound system yang ada di sekitar panggung begitu banyak. Di bagian sudut belakang penonton saya melihat begitu banyak Mixer FOH berderet yang terdiri dari banyak operator (mungkin sekitar 10 mixer FOH). Saya tak tahu mana yang menjadi master FOH tersebut. Pada waktu kami tampil suara sound system tidak begitu dashyat, tapi sewaktu dewa tampil suaranya begitu dashyat dan memenuhi seluruh gedung dengan amat kencang dan bersih.

Banyak artikel di sini yang mengupas tentang beragam penggunaaan sound system, coba lihat pada menu di bawah ini;
Terimakasih atas kunjungan anda.
Terimakasih atas kunjungan anda yang telah membaca artikel di halaman Sound System Panggung. Mohon tidak mempublikasi ulang semua artikel ini kecuali mencantumkan sumber dari link ini. Penulis cukup memahami elektronik audio yang juga sambil belajar lebih mendalam tentang hal-hal yang berhubungan dengan sound system.