Selasa, 23 Agustus 2016

Speaker dan Getaran Suara pada Loudspeaker



.

(Kelanjutan pembahasan tentang Konstruksi dan Bahan Speaker serta Terjadinya Getaran Suara)
Nomor 2.

Konstruksi Bahan Speaker dan Terjadinya Getaran Suara

Bila kita teliti konstruksi dari bentuk Loudspeaker maka dapat kita lihat terdiri dari beberapa komponen sebagai pengolah getaran suara, yang di dalamnya meliputi;
  • Kerangka metal body
  • Kumparan kawat berlapis email atau disebut voice coil
  • Daun membran speaker (cone diaphragm)
  • Suspensi penahan daun getar pada posisinya
  • Permanen magnit silinder

Bagaimana Terjadinya Getaran Suara di Speaker

Getaran terjadi karena adanya sinyal yang menggerakkan kumparan tembaga yang berasal dari Amplifer yang kemudian terjadi induksi magnetik sehingga terdengarlah suara. Gulungan kawat email terbaga yang terinduksi oleh magnit ini kemudian disalurkan ke media daun membran speaker (cone speaker) yang melekat di dinding wadah kumparan supaya getaran tersebut dapat menjalar ke udara dan akhirnya suara akan terdengar cukup kuat.

Coba kita tes dengan cara menyambungkan terminal penghubung speaker dengan sebuah batere 1.5 volt dan kita sambungkan dengan kabel sambil memainkan salah satu kutub batere maka pasti akan terdengar suara kresek.

Speaker System
Bahan media pantul getar (Cone) bisa berupa kertas khusus atau bahan plastik, dan ada juga dari bahan kaleng logam yang biasa kita sebut speaker corong. Ada juga yang terbuat dari jenis bahan komposit yang terbuat dari kertas selulosa, yang merupakan pencampuran dari bahan serat karbon, serat bambu. atau mungkin menggunakan konstruksi sarang lebah. Lapisan itu diterapkan untuk memberikan tambahan redaman.

Baca post berikut :

Semoga dengan membaca halaman situs ini tentang Teknik Dasar Setting Sound System dapat menambah wawasan kita semua dalam bidang perangkat audio.


.

Share this

Artikel Terkait